Tuesday, July 17, 2012

Statement of Purpose


Di akhir tahun 2010 Rektor UIN Sunan Kalijaga memberikan secara resmi gelar Sarjana Strata 1 kepada saya setelah menempuh studi selama empat tahun lebih pada Jurusan Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah Fakultas Syari’ah dan Hukum. Tidak banyak ilmu yang saya dapat selama menempuh studi karena materi kuliah yang disampaikan dan referensi terbatas tidak lebih baik dari yang saya pelajari sebelumnya di pondok pesantren, kecuali dalam bidang hukum dan peradilan umum serta praktik peradilan dan KKN. Oleh karena itu, saya ingin mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam dengan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi pada Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.

Alasan saya memilih Konsentrasi Hukum Keluarga pada Program Studi Hukum Islam adalah: pertama, mempertahankan linieritas dengan Program Strata 1 agar lebih dipertimbangkan ketika mendaftarkan diri sebagai dosen. Kedua, mengetahui dan berperan serta dalam dinamika dan pengembangan ilmu hukum dan hukum Islam khususnya hukum keluarga. Ketiga, mengenal para pakar hukum keluarga dan pemikiran-pemikiran mereka.
Setelah lulus S1, saya diminta ikut ke Jakarta oleh salah satu dosen di lingkungan UIN untuk menjadi asistennya mengerjakan disertasi dan mengajar. Akan tetapi karena hanya berbekal ijazah S1 maka saya hanya bisa membantunya mengerjakan disertasi dan tidak sempat mengajar. Hanya berselang dua bulan saya memutuskan untuk kembali ke Yogyakarta dan membuka usaha. Kesibukan merintis usaha membuat saya melupakan ijazah S1 yang ‘kurang’ berguna karena ada moratorium pegawai dari pemerintah dan lain hal. Cita-cita saya menjadi dosen lah yang membakar semangat saya untuk melanjutkan kuliah. Oleh karena itu, saya memilih Konsentrasi Hukum Keluarga pada Prodi Hukum Islam untuk mewujudkan cita-cita saya tersebut.
Setelah menyelesaikan Studi Strata 2 insyaAllah saya akan mendaftar sebagai dosen/pengajar di salah satu perguruan tinggi negeri dan selanjutnya melanjutkan studi pada Program Doktoral.
Demikian statement of purpose ini saya tulis dengan motivasi dan keadaan sebenarnya, dan sekaligus menjadi doa semoga dapat mewujudkannya dengan menempuh studi S2 Hukum Keluarga Prodi Hukum Islam Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.


Yogyakarta, 14 Juli 2012



Ahmad Afandi, S.H.I

No comments:

Post a Comment