Thursday, January 3, 2013

Tujuh (7) Efek Positif Bermain Game



Banyak riset yang menunjukan adanya dampak negatif bermain game khususnya pada anak-anak, baik itu dikomputer, konsol atau pun berbagai perangkat gadget dan tentu saja masalah ini sudah pasti membuat banyak orang tua menjadi khawatir dan cemas. Akan tetapi perlu anda ketahui sebenarnya tidak hanya efek negatif yang didapat setelah bermain game tapi ada juga efek positifnya. Efek positif itu bisa didapat dengan syarat pengaturan waktu bermain dan pengawasan yang tepat. dibawah ini adalah 7 manfaat yang didapat dari bermain video game :

1. Aktifitas Fisik
Diluar sana banyak sekali video game yang dalam pengoperasiannya memerlukan aktifitas fisik. Disini peran orang tua sangat penting karena harus pandai memilih jenis game untuk anak-anak mereka, tujuannya agar memaksa mereka untuk lebih bergerak daripada bermalas-malasan ditempat tidur.

2. Kebugaran dan Gizi
Bnyak game yang menggabungkan unsur kebugaran, gizi, dan hidup sehat sebagai tujuan utama dalam permainan. Hal ini bertujuan mendorong para pemain untuk mempertahankan gaya hidup sehat.

3. Koordinasi Mata dan Tangan
Tahukah anda, bermain video game dapat melatih koordinasi mata dan tangan anak anda. Ya, bermain video game bisa melatih koordinasi mata dan tangan anak anda dan alhasil dapat meningkatkan ketangkasan anak anda yang berguna untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

4. Keterampilan Sosial
Saat anak anda bermain video game akan lebih mudah membuka diri ketika bersosialisasi dengan teman-teman mereka. Bermain game online adalah cara untuk anak-anak dapat berinteraksi dengan banyak orang, bahkan orang yang belum mereka kenal sekalipun.

5. Peningkatan Kemampuan Belajar
Bermain video game memberikan anak anda kesempatan untuk meningkatkan keterampilan seperti memecahkan masalah. Bahkan banyak permainan yang bertujuan untuk melatih anak menjadi sabar dan kreatif dalam memecahkan teka-teki atau masalah.

6. Sportifitas dan Adil
Kedua nilai tersebut adalah nilai yang dijunjung tinggi dalam olahraga. Game secara tidak langsung menawarkan kedua nilai ini, terutama saat bersaing satu sama lain.

7. Mengurangi Stres
Bermain game dapat menjadi jalan keluar dan solusi bagi anak anda agar terlepas dari segala tekanan dan untuk mengurangi tingkat stres.




No comments:

Post a Comment