Sunday, December 30, 2012

Antara Hukum dan Ekonomi

Ahmad Afandi


Subsistem ekonomi dipercaya untuk melakukan adaptasi terhadap lingkungan fisik masyarakat. ekonomi mengemban tugas untuk memanfaatkan sumber daya yang ada di sekeliling kita untuk mempertahankan kelangsungan hidup masyarakat. Pemanfaatan atau pendayagunaan sumber daya tersebut dilakukan dengan cara mengambilnya dari alam atau dengan jalan lain.


Ekonomi dan politik, keduanya merupakan suatu bentuk pengorganisasian masyarakat, tetapi dengan tujuan yang berbeda. Politik bertujuan menggalang kekuatan masyarakat untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Sdangkan ekonomi bertujuan menyediakan kebutuhan yang diperlukan bagi kelangsungan hidup masyarakat dan anggota-anggotanya.

Seperti dikemukakan di atas, bidang ekonomi dihadapkan pada lingkungan masyarakat atau kehidupan bersama yang bersifat fisis dan biologis. fungsi kegiatan ekonomi adalah mendayagunakan lingkungan tersebut bagi kesejahteraan masyarakat. Disebut demikian karena di luar sumber daya tersebut masih ada sumber daya lain, seperti sumber daya manusia. Persoalan besar yang dihadapi ekonomi adalah bagaimana optimalisasi sumber daya tersebut.

Sekarang kita berhadapan dengan tangan-tangan manusia yang harus menggarap lingkungannya atau harus menangani sumber daya tersebut sehingga kesejahteraan masyarakat tercapai.

to be continued

No comments:

Post a Comment