Thursday, February 28, 2013

Sembilan Langkah Pintar Coding


1. Have interest dengan dunia komputer dan peng-codingan
Ok, ini mungkin terdengar simple, faktanya ada banyak banget temen-temen saya di kampus informatika tapi sama sekali ga punya ketertarikan dengan dunia coding yang njlimet ato bahkan gak tertarik dengan dunia komputer itu sendiri. Kalau sudah gini ya susah, berapa kalipun diajarin ya tetep susah. Lha wong mank ga tertarik. So pastiin kamu harus tertarik dulu.


2. Niat
Innamal A’malu Bin Niyat. Intinya semua dimulai dengan niat. Pastikan dalam hati kamu memang punya niat untuk belajar. Oia, niat itu bukan cuma di hati, tapi juga terlihat dari sikap. Misal kamu niat belajar coding, ya paling gak kamu juga mesti niat di sikap dengan minimal beli buku panduan, syukur2 kalo punya PC, dan alhamdulillah kalo ada koneksi internet.


3. Cari dulu baru bertanya
Mungkin ini kalimat yang paling sering di ketik di forum2 pemprograman. Faktanya memang banyak banget yang tiba tiba langsung tanya sesuatu yg sebenarnya uda sering di bahas di internet, atau bahkan di forum tsb, atau bahkan di buku buku saku panduan programming.


Memang enak sih tanya tanya ma yg uda jago, tapi yang mau jawab itu bosen ngetik ulang, sibuk dll. sudah gitu kamu nya nanya pake esmosi minta di perhatiin, pke ngasi alamat email biar dikirimin solusi, ato bahkan nyepam. Ckck.


Biasakan cari dulu di google, trust me, lebih dari 90% permasalahan saya dalam ber-koding terselesaikan dengan ngetik pertanyaan di google. Dan biasa nya kamu akan nemuin banyak alternatif solusi lain atas masalahmu. Jadi bisa lebih beragam. Kalau sudah tidak ketemu (walaupun ini jarang banget) baru tanta ke forum, ke temen sertakan link yang menurut kamu solusi tapi kamu ga ngerti.


4. Konsisten
Kalau mank niat banget nguasain sesuatu (bukan cuma coding) pastinya kamu harus konsisten. Jangan semangat belajar hacking hanya karena melihat situs orang kena deface, jangan semangat belajar web hanya karena baru bikin akun facebook, setelah dua tiga minggu udah males lagi, apa iya harus tiap dua tiga minggu kamu harus ngeliat situa kena defacr biar semangat? :p


Bosen pasti ada, error itu temen akrab. Kalau cuma karena error dikit terus males saya saranin jangan jadi programmer, jadi bos aja :D.


5. Fokus
Jujur kalau kamu uda mulai masuk lebih dalam ke dunia per-coding-an, kamu bakal banyak nemuin hal hal baru yang lebih keren dan canggih. Ga masalah sih nyoba teknologi, bahasa pemprograman lain. Tapi jangan sampai kamu lupa level kamu. Kalau baru belajar manipulasi string ya jangan maksa n pindah belajar database, kalau baru belajar menghapal tag html ya jangan pindah belajar hacking. Fokus, selesein dikit2 secara berurutan.


6. Buat target pencapaian
Sekitar 7-8 tahun yg lalu ketika saya baru kenal komputer, kenal pempograman basic dengan visual basic. Saya selalu pasang target bulan ini harus bisa bikin kalkulator sederhana dll. Pastikan selalu punya target, bahkan saya ingat banget kemampuan ber-koding meningkat berkali kali lipat ketika saya pertama kali kerja, dimana si bos pasang deadline 1 bulab website harus launching padahal belun pernah bikin website kompleks. Tapi dari deadline dan target membuat kita selalu terpacu utk nyelesein masalah secepatnya.


8. Aplikasikan
Nah kalau kamu uda belajar apapun itu hal dasar atau advance, selalu buat aplikasi ato penerapan dari yang kamu dapat. Baru belajar cetak hello world buat aplikasi tanta jawab sederhana, baru belajar perulangan buat penghitung bilangan prima. Baru selese belajar html, buat profil sederhana mu dengan html. Pokoknya langsung pakek apa yg kamu dapat, bermain dengan kreatifitas dan logika.


9. Tidak ada jalan pintas
oke, mungkin ga sepenuhnya bener, tapi mau jalan pintas? ada sih,, mau bikin virus cepet? ada virus generator, virus toolkit, mau ngedeface? ada metasploit, mau bikin website? ada cms dan free themes, mau bikin themes? ada theme generator.. “tapi kan saya mau tau cara kerja nya?” yah kalau gitu yakin kan diri kamu bahwa ga da cara mudah, dan cepat dalam belajar. kalau nge-hek itu mudah, kalau bikin website itu mudah, pastinya tiap orang sudah jago dan pakar. tapi kenapa ada yang jago banget, ada yang biasa aja, ada yg gak bisa, karena ya memang ga mudah, dan ga da jalan pintas untuk jadi jago. semua dimulai dari belajar cetak hello world terus berlanjut sampai gak ada ujungnya, terus kamu mau langsung belajar ngerusak? nonsense..



No comments:

Post a Comment