Sunday, September 2, 2012

Empat Cara Mencegah Osteoporosis Dini


Osteoporosis merupakan gangguan tulang yang mengarah ke risiko fraktur atau patah. Ditandai dengan berkurangnya kepadatan mineral tulang yang dapat memicu keretakan akibat trauma sepele. Pengeroposan tulang ini biasanya muncul tanpa tanda-tanda mencolok sebelumnya.


Osteoporosis bisa terjadi akibat berbagai faktor. Terlepas penuaan, pengeroposan tulang ini juga dapat menyerang akibat faktor-faktor genetik, menopause dini, dan kurangnya asupan kalsium dalam tubuh.

Berikut beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mencegah osteoporosis dini, seperti dikutip Fit Sugar:

• Paparan sinar matahari
Di bawah kulit kita ada vitamin D. Saat terpapar cahaya matahari, vitamin itu akan aktif dan berubah menjadi vitamin D3. Bentuk aktif vitamin tersebutlah yang berguna mempertahankan kepadatan dan kekuatan tulang.

Tak butuh waktu lama untuk mengaktifkan vitamin D3 dalam tubuh. Cukup 10 menit sebelum pukul 09.00 pagi dan sesudah pukul 15.00 sore. Kecukupan kalsium dan vitamin D sejak muda menjadi hal penting yang harus diperhatikan jika ingin terhindar dari osteoporosis.

• Minum susu
Susu adalah salah satu sumber kalsium terbaik yang berperan mencegah tulang keropos. Biasakan rutin mengonsumsi susu atau makanan mengandung kalsium lainnya seperti kacang almond, sarden, salmon, sereal, jus jeruk, dan sayuran hijau.

• Olahraga
Aktivitas kebugaran ini merupakan salah satu kunci menjaga tulang tetap kuat. Pastikan melakukannya setidaknya 30 menit sehari. Pilih jenis olahraga yang memiliki efek membuat tulang tarik-menarik untuk meningkatkan kepadatan tulang. Yang bisa menjadi pilihan di antaranya yoga, lari, atau latihan kekuatan otot.

• Hindari alkohol dan soda
Konsumsi alkohol atau soda secara berlebihan juga meningkatkan risiko terkena osteoporosis. Karenanya, batasi segera konsumsinya.

No comments:

Post a Comment